LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MALANG
LAPORAN
Oleh:
MARATUS SHOLIKHAH
NIS : 1376/0289.118
SMK
CENDIKA BANGSA
BIDANG
STUDI KEAHLIAN BISINIS MANAJEMEN
PROGAM
STUDI KEAHLIAN ADMINISTRASI
KOMPETENSI
KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
DESEMBER
2016
Lembar
Pengesahan Ujian
Laporan prakerin oleh Maratus Sholikhah ini telah
dipertahankan di depan Tim
Penguji pada tanggal 5 Desember 2016
Tim penguji pembimbing
Irma
Suryandari,
S.Pd. Ari
Miswan, S.Pd.
Kepala SMK Cendika Bangsa Kepala Kompetensi Keahlian
Rachmat Farich, S.E. Irma Suryandari, S.Pd.
Lembar
Persetujuan Ujian
Laporan Prakerin oleh Maratus Sholikhah telah diperiksa dan di
setujui untuk di uji.
Malang, 5 Desember 2016
Pembimbing,
Ari Miswan, S.Pd.
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmatNya, sehingga
pelaksana prakerin dan penulisan laporan
Prakerin ini dapat saya selesaikan tepat
waktu.
Penyelesaian
prakerin dan laporan ini tidak lepas dari bantuan, motivasi,
dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh
karena itu, penulis mengucapkan terima
kasih yang setulus-tulusnya kepada
pihak-pihak berikut.
1.
Tuhan
yang Maha Esa yang telah memberikan kenikmatan dan rahmatNya
2.
Kedua
orang tua yang telah merawat dan mendidik penulis dari lahir sampai saat ini
sehingga penulis dapat tumbuh dan berkarya seperti sekarang ini.
3. Rachmat Farich, S.E
selaku Kepala SMK Cendika Bangsa
4.
Toni
Indarta, S.Pd. selaku Pembimbing SMK Cendika Bangsa
5.
Irma
Suryandari, S.Pd. selaku Kepala Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
6. Agus Budi Santososelaku kepala BPS
7.
Ratih
Damayanti selaku petugas IPDS yang selalu membantu dalam kesulitan saat
melakukan pekerjaan
8.
ST. Nadierah
Latief selaku pembimbing di
dalam ruangan
9. Rusmeiyati selaku pembimbing di kantor BPS
Semua pihak yang
telah membantu dalam penulisan laporan prakerin ini yang tidak dapat saya
sebutkan satu persatu.
Saya berharap laporan
ini dapat membantu semua pihak untuk mendapatkan sedikit pengetahuan. Kritik
dan saran selalu terbuka lebar untuk diri saya agar kedepanya hasil kinerja
saya lebih baik.
Malang, 05
Desember 2016
Penulis
MaratusSholikhah
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR
ISI ................................................................................................. iii
DAFTAR
LAMPIRAN................................................................................. iv
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang........................................................................................ 1
B.
Tujuanrakerin.......................................................................................... 2
C.
Manfaat Prakerin..................................................................................... 4
II.
HASIL DAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Tempat dan
Pelaksanaan Prakerin............................................................... 6
B. Profil Kantor
1.
Sejarah Instansi ....................................................................................... 7
2.
Visi dan Misi .......................................................................................... 11
3. Sarana Prasarana...................................................................................... 12
C. Kegiatan yang
dilakukan............................................................................. 13
D. Faktor pendukung
dang penghambat.......................................................... 16
E. Masalah dan Solusi ..................................................................................... 16
F. Prestasi selama
Prakerin............................................................................... 16
III.
PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................................................. 17
B. Saran ........................................................................................................... 17
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran
1 Daftar
Harian ............................................................................. 18
Lampiran
2
Daftar Gambar ........................................................................... 22
Lampiran
3
Struktur Organisasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang... 23
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang.
Praktek kerja
industri (prakerin) adalah
suatu bentukpenyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik
dan sinkron antara program pendidikan disekolah dan program pengusahaan yang
diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja untuk mencapai suatu
tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat
dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat.
Ilmu pengetauan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja
kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui
proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.
Prakerin dilaksanakan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui
pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang
profesional.dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan
dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia
industri.tanpa diadakan pendidikan sistem ganda ini kita tidak dapat langsung
terjun kedunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan
kerja.
Ada beberapa peraturan
tentang praktek kerja industri dan putusan menteri. Adapun peraturan praktek
kerja industri adalah sebagai berikut : Tercantum pada UU no. 2 tahun 1989
tentang pendidikan nasional yaitu untuk menyiapkan peserta
didik melalui kegiatan bimbingan , pengajaran
dan pelatihan bagi perananya dimasa yang akan datang.
Peraturan pemerintah
no. 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengahyang bertujuan meningkatkan
kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan
timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar dan meningkatkan
pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
Peraturan pemerintah
no. 30 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional,
serta keputusan menteri no.0490/1993 tentang kurikulum smk yang berisi bahwa
“dalam melaksanakan pendidikandilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan
didalam sekolah dan pendidikan
diluar sekolah”.
B.
Tujuan
prakerin
secara umum pelaksanaan program praktek kerja di
tunjukkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang
Teknologi . penyesuaian diri dengan lingkungan yang sebenarnya ,
mengumpulkaninformasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan
khusus. Setalah siswa melaksanakan program prakti kerja industri secara khusus
siswa di harapkan memperoleh pengalaman yang mencangkup tinjauan tentang
perusahaan dan kegiatan-kegiatan praktik yang berhubungan dengan teknologi.
Serta mempersiapkan para siswa untuk bekerja secara mandiri, bekerja dalam
suatu tim mengembangkan potensidan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing
.
praktik kerja industri merupakan suatu sistem
pembelajaran yang di lakukan diluar proses belajar mengajar dan di laksanakan
pada perusahaan atauindustri atau instansi atau relefan.
Penyelenggaran praktik kerja industri di SMK Cendika
Bangsamembentuk supaya memiliki profesional kerja antara lain :
1. Meingkatkan,
memperluas dan menetapkan ketrampilan yang membentuk kemampuan siswa sebagai
bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan progam keahlian dan
disiplin ilmunya.
2. Menumbuh
kembangkan dan memanfaatkan siswa profesional yang diperlukan siswa untuk
memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.
3. Meningkatkan
pengalaman siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja
antara lain: Struktur Organisasi Usaha, Asosiasi Usaha, Jenjang Karir dan
Menengah Usaha.
4. Memberikan
kesempatan pada siswa untuk memasyarakatkan diri pada sesuatu atau iklim
lingkungan kerja yang sebenarnya, baik sebagai pekerja, sebagai penerima upah
maupun sebagai pekerja mandiri, terutama yang berkenaan dengan displin kerja.
5. Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja
ke sekolah dan sebaliknya.
6. Memperoleh
masukan dan upah baik untuk memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan
kejuruan.
7. Menjalin
kerjasama dengan dunia usahasecara intitusional untuk memberikan peluang masuk
dan di tempatkannya alumni.
C. Manfaat
Prakerin
Kegiatan Prakerin ini diharapkan
memberikan manfaat kepada pihak-pihaksebagai berikut:
1. Bagi
Siswa
a) Membentuk
mental siswa-siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
b) Menambah
pengetahuan siswa –siswi dimasing-masing bidangnya.
c) Memberikan
suatu motivasi dalam diri siswa-siswi agar menunjukkan
dirinya mampu melakukan pekerjaan
sesuai dengan bidangnya.
d) Memberikan
bekal serta gambaran pada siswa-siswi seperti apakah
bekerja itu.
e) Memberikan
suatu tambahan wawasan pada siswa-siswi tentang
sesuatu yang belum didapatkan
disekolah.
f) Sebagai
pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep
yang didapat selama melakukan
Prakerin sehingga terbiasa dengan
dunia lapangan kerja.
2. Bagi
Sekolah
a) Sekolah
akan memperoleh image positifdari
perusahaan tempat prakerin karena anak didik sekolah mampu beradaptasi dalam pekerjaan
dari lingkungan perusahaan.
b) Sekolah
akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari orang tua dan masyarakat karena
anak didik memiliki kemampuan yang baik.
c) Bentuk
kepedulian sekolah kepada akan kualitas siswa didik.
d) Menghilangkan
kesan negatif bagi perusahaan penerima peserta Prakerin bahwa proses Prakerin
hanya mengganggu aktivitas perusahaan.
3. Bagi
Perusahaan
a) Dapat
terselesainya dengan cepat pelaksanaan tugas-tugas yang menyangkut tentang
pekerjaan kantor.
b) Dapat
terbantunya pekerjaan yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan / Instansi dan
pekerjaan menjadi lebih ringan.
c) Perusahaan
/ Instansi akan mengenal kualitas SMK secara luas dan mendalam, sehingga
mempermudah dalam mencari calon karyawan dan pemakai lulusan SMK dapat membina
calon karyawan sedini mungkin.
BAB
II
HASIL
DAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A.
Tempat
dan Waktu Pelaksanaan Prakerin
Tempat dan Pelaksanaan Prakerin
dilaksanakan di Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang yang berlokasi di Jl.
Raya Jatirejoyoso 1A Kepanjen-MalangTelp. (0341) 396979HP. 0817316737Kabupaten
Malang.
Waktu Pelaksanaan Prakerin terhitung
mulai tanggal 1 Agustus 2016 sampai 21 November 2016.
Adapun jadwal jam kerja adalah sebagai
berikut :
Hari
|
Jam Masuk
|
Jam Istirahat
|
Jam Pulang
|
Minggu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
Senin
|
07.30 WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Selasa
|
07.30 WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Rabu
|
07.30 WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Kamis
|
07.30WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Jum’at
|
07.30 WIB
|
11.30 WIB
|
16.30 WIB
|
Sabtu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
TABEL 2.1 Jadwal jam Kerja
1. SEJARAH BADAN PUSAT STATISTIK
MasaPemerintahanHindia-Belanda
DidirikanpadabulanFebruari 1920 olehDirekturPertanian,
Kerajinan, danPerdagangan (Directeur van LandbouwNijveirhed en Handel) di Bogor
yang bertugasmengolahdanmempublikasikan data statistik. Padatanggal 24
September 1924, pusatkegiatanstatistikdipindahkandari Bogor ke Jakarta
dengannama Central KantoorVoor de Statistiek (CKS) atau Kantor PusatStatistik.
KegiatannyapadawaktuitudiutamakanuntukmendukungkebijakanPemerintahHindiaBelanda.Produkperundang-undangan
Kantor PusatStatistikadalahVolkstellingOrdonnantie 1930 (Staatsblad 1930 Nomor
128) yang mengatursensuspendudukdanStatistiekOrdonnantie 1934 ( StaatsbladNomor
508) tentangkegiatanperstatistikan. Padatahun 1930, lembaga CKS
melaksanakansuatukegiatan monumental, yaituSensusPenduduk yang pertamadilakukan
di Indonesia.
MasaPemerintahanJepang
Tahun 1942-1945, CKS
beralihkepemerintahanmiliterJepang,
dankegiatannyadiarahkanuntukmemenuhikebutuhanperang (data militer).Nama CKS
diubahmenjadiShomubuChosasitsuGunseikanbudanbernaung di bawahGubernurMiliter
(Gunseikanbu).
MasaPemerintahan RI 1945 – 1965
Sejakproklamasikemerdekaan 17 Agustus 1945,
ShomubuChosasitsuGunseikanbudiubahmenjadi Kantor PenyelidikanPerangkaanUmum
(KAPPURI), dipimpinolehMr.AbdulKarimPringgodigdo.Padaawal 1946, KAPPURI
pindahmengikutipindahnyapusatpemerintahan RI keYogyakarta.Saatitu KAPPURI
dipimpinolehSemaun.Dilainpihak di Jakarta CSK diaktifkankembaliolehPemerintah
Federal (Belanda).BerdasarsuratedaranKementrianKemakmuranNomor 219/SC, tanggal
12 Juni 1950, ShomubuChosasitsuGunseikanbudan KAPPURI dileburmenjadi Kantor
PusatStatistik (KPS) danberada di bawahnaunganKementrianKemakmuran.
Padatanggal 1 Maret 1952,
MenteriPerekonomianmengeluarkanKeputusanNomor P/44 yang menyatakan KPS berada
di bawahdanbertanggungjawabpadaMenteriPerekonomian.BerdasarkanKeputusanMenteriPerekonomianNomor
18.099/M Tanggal 24 Desember 1953, kegiatan KPS dibagimenjadi 2
bagianyaituAfdeling A merupakanBagianRisetdanAfdeling B
merupakanBagianPenyelenggarandan Tata Usaha.
Padatanggal 1 Juni 1957, denganSuratKeputusanPresiden
RI No.172/1957, KPS diubahmenjadi Biro PusatStatistik (BPS)
danbertanggungjawablangsungdibawahPerdanaMenteri.Padatanggal 24 September 1960,
UU Nomor 6 Tahun 1960
tentangSensusdiundangkanmenggantikanVolkstellingOrdonnantie 1930 (Staatsblad
1930 Nomor 128).Padatanggal 26 September 1960, UU Nomor 7 Tahun 1960
tentangStatistikdiundangkanmenggantikanStatistiekOrdonnantie 1934 (
StaatsbladNomor 508). BerdasarkanKeputusanPerdanaMenteriNomor 26/P.M/1958
tanggal 16 Januari 1958, BPS diberitugasmelakukanpekerjaanpersiapanSensusPenduduk.SesuaidenganPasal
2 UU Nomor 6 Tahun 1960, padatahun 1961
BPSmenyelenggarakanSensusPendudukpertamasejakmasakemerdekaan. Di
tiapkantorGubernur (Propinsi), Kab/Kota danKecamatandibentukbagian yang
menguruspelaksanaanSensusPenduduk.
MasaPemerintahan RI 1966 – Sekarang
BerdasarkanKeputusan Presidium KabinetNo.Aa/C/9 Tahun
1965 tanggal 19 Februari 1965 dinyatakanbahwaBagianSensus di Kantor
GubernurdanKabupaten/Kota ditetapkanmenjadi Kantor Cabang BPS dengannama Kantor
StatistikdanSensus Daerah.
PadamasapemerintahanOrdeBaru,
PemerintahmenetapkantigabuahPeraturanPemerintahtentangSensuyaitu PP nomor 21
Tahun 1979 tentangPelaksanaanSensusPendudukpadatanggal 2 Juli 1979. PP Nomor
2Tahun 1983 tentangSensusPertanianpadatanggal 21 Januari 1983 dan PP Nomor 29
Tahun 1985 tentangSensusEkonomipadatanggal 10 Juni 1985. Padatanggal 29 Mei
1968, ditetapkanPeraturanPemerintah No.16 Tahun 1968 yang mengaturOrganisasidan
Tata Kerja BPS (di pusatdan di daerah).Padatanggal 20 Februari 1980, ditetapkan
PP No. 6 Tahun 1980 tentangOrganisasi BPS sebagaipengganti PP No.16/1968.
Berdasarkan PP Nomor 6/1980 di tiappropinsiterdapatperwakilan BPS dengannama
Kantor StatistikPropinsi, dan di tiapKab/Kota terdapatperwakilan yang bernama
Kantor StatistikKab/Kota.
Padatanggal 9 Januari 1992, ditetapkan PP No.2 Tahun
1992 tentangOrganisasi BPS sebagaipengganti PP No. 6 Tahun 1980. Kedudukan,
fungsi, tugas, susunanorganisas, dan Tata Kerja BPS yang
selanjutnyadiaturdenganKeputusanPresidenNomor 6 Tahun 1992.Padatanggal 26
September 1997 dengan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentangStatistik, Biro
PusatStatistikdiubahnamanyamenjadi “BadanPusatStatistik”,
dansekaligusmenetapkantanggaltersebutsebagai ” HariStatistik”.
Tahun 1998, ditetapkanKeppres No.86 Tahun 1998
tentangBadanPusatStatistik.BerdasarkanKepPrestersebut, perwakilan BPS di
daerahadalahinstansivertikaldengannama BPS Provinsi, BPS Kabupatendan BPS
Kotamadya. PAdatanggal 26 Mei 1999, ditetapkan PP Nomor 51 tahun 1999
tentangPenyelenggaraanStatistik.
Memasuki era Otonomidaerah, ditetapkanKeppres No.166
Tahun 2000 tentangKedudukan, Fungsi, Tugas,Kewenangan, SusunanOrganisasidan
Tata KerjaLembagaPemerintahan Non Departemen (LPND) dan BPS masuksebagai LPND.
D.
Visi dan Misi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
a) Visi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
Badan
Pusat Statistik Kabupaten Malang mempunyai Visi yakni “ Pelopor data
statistikterpercayauntuksemua.”
b) Misi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
1. Memperkuat landasan konstitusional dan operasional lembaga statistik untuk penyelenggaraan statistik
yang efektif dan efisien.
2. Menciptakan insan statistik
yang kompeten dan profesional, didukung pemanfaatan teknologi informasi
mutakhir untuk kemajuan perstatistikan Indonesia.
3. Meningkatkan penerapan standar klasifikasi, konsepdandefinisi, pengukuran,
dan kode etik statistik yang bersifat universal dalam setiap penyelenggaraan
statistik.
4. Meningkatkan kualita spelayanan informasi statistik bagi semua pihak.
5. Meningkatkan koordinasi, integrasi,
dansinkronisasi kegiatan statistik yang diselenggarakan
pemerintah dan swasta, dalam kerangka Sistem Statistik Nasional (SSN) yang
efektif dan efisien.
E.
Sarana Prasarana
a. Sarana
a.Computer
b.Printer
c. Kursi
d. Meja
e. Lemari sebagai tempat penyimpanan berkas dan buku
f. Perlengkapan alat tulis yang di siapkan oleh
instansi masing-masing
a. Prasarana
i.
Gedung Badan
Pusat Statistik Kabupaten Malang
ii.
Ruang Penerima
Tamu
iii.
Ruang Kepala
iv.
Ruang IPDS
v.
Ruang Tata Usaha
(TU)
vi.
Ruang Aula
vii.
Ruang Karyawan
viii.
Perpustakaan
ix.
Musholla
x.
Gudang
xi.
Dapur
xii.
Area Parkir
B.
Kegiatan yang
dilakukan
Selama
melaksanakan Prakerin kegiatan yang dilakukan di tempat prakerin meliputi
kegiatan yang berkaitan dengan Administrasi Perkantoran, seperti
1. Mengentri
Susenas
Mengentri
susenas adalah memasukkan data kedalam komputer untuk di edit kembali oleh
peatugas yang ada di kantor. Susenas di entri berdasarkan data yang telah ada.
Data susenas di peroleh dari warga yang telah di sensus berdasarkan peraturan
sensus ekonomi 2016 warga yang di sensus adalah warga yang memiliki hasil panen
atau hasil usaha lainnya. Selain itu susenas merupakan data kebutuhan ekomi
yang di butuhkan oleh narasumber.
2. Mengentri
Ubinan
Ubinan adalah
data area lahan yang dimiliki oleh seseorang jadi yang terdapat pada ubinan
tersebut hanyalah orang yang memiliki lahan atau sawah
3. Mengentri
Dokumen Pemutakiran
Dokumen
Pemutakiran adalah dokumen sensus yang mengenai hasil tanaman pangan yang
diperoleh warga yang memiliki lahan. Dokumen ini merupakan pasangan dari
dokumen Ubinan.
4. Pengolahan
Data SPH
Data SPH adalah
data-data hasil tanaman pangan seperti umbi-umbian, kacang-kacagan, tanaman
hias, tanaman obat-obatan dan hasil tanaman lainnya yang di hasilkan oleh
setiap kecamatan yang ada di kabupaten malang yang terdiri dari 33 kecamatan
5. Penarsipan
Data-data
Data yang di
asip berdasarkan tiap kecamatan. Data yang di arsip merupakan data pemutakiran
yang telah di sesuaikan. Hasil arsip di simpan di lemari arsip yang telah di
sediakan oleh kantor. Selain data pemutakiran ada juga data-data hotel, penginapan,
losmen dan lain-lain
6. Melengkapi
Data Triwulanan
Data triwulan
adalah data per/tiga bulan sebuah kecamatan dari data tersebut kita dapat
mengetahui hasil kesimpulan dari ubinan tiap tiga bulannya
7. Pengecekan
Hard Ware dan Soft Ware
Pengecekan
dilakukan pada Tablet dan GPS yang di miliki oleh kantor Badan Pusat Statistik
Kab Malang
8. Pelengkapan
Surat Pengawasan SE 2016
Surat di
lengkapi dengan nama pembuat surat dengan isian nama dan no induk pegawai
(NIP).
9. Entri
MOIBS
MOIBS adalah data
perusahan atau gudang-gudang yang ada di kabupaten malang. MOIBS di entri
menggunakan komputer yang telah disediakan oleh kantor dengan begitu akan
memudahkan pengentri memasukkan data .
C.
Faktor pendukung
dan Penghambat
a) Faktor
Pendukung
1. Tersedianya
fasilitas komputer yang dapat dihubungkan dengan fasilitas internet, sehingga
dapat membantu dalam proses pelaksanaan pekerjaan.
b) Faktor
Penghambat
1. Kurangnya
fasilitas komputer jadi waktu melakukan tugas prakerin harus bergantian dengan
karyawan yang ada dikantor.
D.
Masalah dan
Solusi
a) Masalah
1) Adanya
perintah yang kurang jelas
2) Pekerjaan
yang dilakukan belum selesai sudah di tambah dengan pekerjaan lain
b) Solusi
1) Seharusnya
dalam menjelaskan lebih baik tidak terburu-buru dan lebih di perjelas lagi
E.
Prestasi yang
diperoleh
Prestasi
yang penulis peroleh adalah:
-
Penulis lebih
mengharagai waktu dan lebih menerapkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan
yang tinggi.
-
Penulis yang
awalnya tidak begitu menguasai komputer, sekarang jadi lebih menguasai.
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Penulis ingin
mengucapkan banyak terima kasih kepada yang telah mengizinkan siswa dari Smk
Cendika Bangsa untuk melaksanakan
proses pendidikan dan
pelatihan tenaga kerja
yang berkualitas dan
profesional serta mendapatkan
pengalaman dalam dunia
kerja.
Dari pengalaman
yang didapat oleh
penulis di Badan Pusat Statistik , penulis mampu
memahami dan menyerap ilmu-ilmu pengetahuan serta wawasan yang didapat selama
prakerin di Badan Pusat Statistik. Dimana ilmu pengetahuan dan wawasan yang
belum pernah diperoleh selama duduk dibangku sekolah.
B. Saran
Penulis memberi saran kepada generasi cendika
berikutnya untuk benar-benar mampu terjun di dunia usaha atau dunia industri.
Para cendika harus siap menerima resiko apapun yang didapat di tempat
prakerin.oleh karenya para cendika harus mampu menjaga sikap (attitude) dan
perhatian (attetion).
Hal
ini berdasarkan pada pengalaman yang pernah didapat oleh penulis dan penulis
sangat mengharapkan siswa-siswi Smk Cendika Bangsa mampu menjadi generasi
cendika yang berkualitas dan profesional.
Demikian
isi ringkas dari kesimpulan dan saran yang mampu penulis cantumkan pada halaman
ini. Saya MaratusSholikhah
selaku penulis laporan hasil prakerin ini meminta maaf apabila ada kesalahan
dalam pengetikan kata dan bahasa.
Lampiran I Daftar
Harian
URAIAN KEGIATAN SEHARI-HARI
NAMA INSTANSI : BADAN PUSAT STATISTIK
BIDANG PEKERJAAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN AJARAN : 2016/2017
1.
|
Senin,22 Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri ubinan sub-s sr2
2.Entri dokumen pemutakiran ubinan SR3
sub p
|
2.
|
Selasa,23 Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri dokumen pemutakiran ubinan SR3
sub p
|
3.
|
Rabu,24 Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Melengkapi surat pengawasan SE 2016
2.Entri doken pemutakiran SR 3 sub p
|
4.
|
Kamis,25 Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri MOIBS
2.Entri 11a IBS
|
5.
|
Jumat,
26 Agustus2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri sakernas SE2016
2.Membuat srat pengawasan SE 2016
|
6.
|
Senin, 29 Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Membuat kartkendali
2.Entri ubina SUB-s SR 3
|
7.
|
1.
Selasa, 30
agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri sakernas SE 2016
1.Entri dokumen pemutakiran
|
8.
|
Rabu, 31 Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri MOIBS
2.Entri 11A IBS
|
9.
|
Kamis, 1september 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri ubinan
2.Entri pengolahan data sph
3.Entridata pemutakiran
|
10.
|
Jumat, 2 September 2016
|
07.30-16.00
|
1.Melengkapi surat pengawasan
2.Entri ubinan
1.Entri dokumen pemutakiran
|
11.
|
Senin,3 September 2016
|
07.30-16.00
|
1.Pengarsipan data-data ubinan
|
12.
|
Selasa,6 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Melengkapi data triwulan
|
13.
|
Rabu,7 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri susenas
|
14.
|
Kamis,8 september 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri IBS
2.Entri MOIBS
3.Entri data SPH
|
15.
|
Jumat,9 September 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri susnas
|
16.
|
Senin , 12 september 2016
|
-
|
LIBUR IDUL ADHA
|
17.
|
Selasa , 13 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri suaenas
2 Entri MOIBS
|
18.
|
Rabu, 14 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri sakernas
2. Entri susenas
3. Entri data SPH
|
19.
|
Kamis, 15 September 2016
|
07.30-16.00
|
Tidak ada yang di kerjakan
|
20.
|
Jumat, 16 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Mengarsip peta-peta kecamatan
|
21.
|
Senin, 19 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Mengarsip data surat pengawsan SE
2016
|
22.
|
Selasa, 20 September 2016
|
07.30-16.00
|
IZIN KEPERLUAN KELUARGA
|
23.
|
Rabu, 21 September 2016
|
07.30-16.00
|
1.Mengisi data triwulanan
|
24.
|
Kamis, 22 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Menempel tulisan yang salah pada
buku
|
25.
|
Jumat, 23 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2.Menggunting daftar gaji pegawai
3.Melengkpi DATA VISUM KOPERASI
|
26.
|
Senin, 26 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada yang di kerjakan
|
27.
|
Selasa, 27 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Upacara peringatan hari BPS
2. Entri susenas
3.Entri MOIBS
|
28.
|
Rabu, 28 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data visum koperasi
2. Entri data SPH
|
29.
|
Kamis, 29 September 2016
|
07.30-16.00
|
1. melengkapi data hotel, penginapan,
losmen
|
30.
|
Jumat, 30 September
|
07.30-16.00
|
1. Upacara peringatan G30SPKI
|
31.
|
Senin,3 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Membuat surat pengawasan SE 2016
|
32.
|
Selasa, 4 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data SPH
|
33.
|
Rabu, 5 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri wisnus (wisatawan nusantara)
|
34.
|
Kamis, 6 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada yang di kerjakan
|
35.
|
Jumat, 7 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2. Mengisi surat masuk
|
36.
|
Senin, 8 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1.Membuat surat pengawasan
|
37.
|
Selasa, 11 Oktober 2016
|
|
SAKIT
|
38.
|
Rabu, 12 Oktober 2016
|
|
SAKIT
|
39.
|
Kamis, 13 Oktober 2016
|
|
SAKIT
|
40.
|
Jumat, 14 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Pengarsipan dokumen WISNUS
2. Entri WISNUS
|
41.
|
Senin, 17 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Pengarsipan data-data hotel
(kec.kepanjen)
|
42.
|
Selasa, 18 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada yang di kerjakan
|
43.
|
Rabu, 19 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada yang di kerjakan
|
44.
|
Kamis, 20 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data SPH
|
45.
|
Jumat, 21 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2. Melengkapi dokumen yang akan di
gunakan untuk rapat
|
46.
|
Senin, 24 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri susenas
2.Entri wisnus
|
47.
|
Selasa,25 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Pengolahan data SPH
|
48.
|
Rabu, 26 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data MOIBS
|
49.
|
Kamis, 27 oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri dat triwulanan
|
50.
|
Jumat, 28Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Membuat surat keluar
|
51.
|
Senin, 31 Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Mengisi data hotel
2. Mengetik surat keluar
3. mencetak surat keluar
|
52.
|
Selasa, 1 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada yang di kerjakan
|
53.
|
Rabu, 2 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data SPH
|
54.
|
Kamis, 3 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada yang di kerjakan
|
55.
|
Jumat, 4 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2. Menggunting data gaji pegawai
|
56.
|
Senin, 7 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data SPH
2. Entri susenas
|
57.
|
Selasa, 8 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada yang di kerjakan
|
58.
|
Rabu, 9 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Searc web BPS
|
59.
|
Kamis, 10 November 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri data SPH
|
60.
|
Jumat, 11 November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2. entri wisnus
3. entri dat SPH
4. entri MOIBS
|
Lampiran II Daftar
Gambar
Foto bersama Bu Mey
selaku guru pembimbing
Foto saat mengentri
data
Lampiran
III StrukturOrganisasi
0 comments:
Post a Comment