Propellerads
Home » » contoh proposal bisnis plan (fotocopy)

contoh proposal bisnis plan (fotocopy)

Written By Unknown on Saturday, December 31, 2016 | 8:17 PM



TUGAS PROPOSAL
AL-YAKIN COPY CENTER


 




Description: F:\unira logo.jpeg





Di Susun Oleh :
Abdul Ghoni


JURUSAN EKONOMI SYARI’AH
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT (UNIRA )
KEPANJEN MALANG
2016
PROPOSAL USAHA
( Jenis Usaha )
Fotocopy
( Nama Pemilik )
Nur Yakin
( Nama Usaha )
Al-Yakin Copy Center
( Alamat Usaha )
Jl. Mojosari-Kepanjen-malang

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami haturkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah Praktek Kerja Kewirausaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Kepanjen, 18 Desember 2016




BAB I
MANAGEMEN USAHA

1.      LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pelaku usaha dan masyarakat untuk lebih cepat beradaptasi pada perkembangan teknologi tersebut. Hadirnya mesin fotocopy merupakan suatu bagian dari perkembangan teknologi tersebut yang sangat dirasakan manfaatnya. Mesin fotocopy ini sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
Mesin fotocopy adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotocopy zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas.  Biasanya dalam sebuah pekerjaan, mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk memperbanyak data dan dokumen secara singkat dan mudah. Kita dengan mudah memperbanyak gambar dan tulisan, tinggal tekan tombol, tunggu sejenak, semua pekerjaan penggandaan beres.
Sekarang ini, di kota Baturaja sudah banyak usaha yang menyediakan jasa fotocopy namun, setelah kami amati di tempat fotocopy lain masih terdapat beberapa kekurangan. Diantaranya para pegawai kurang profesional, hasil fotocopyan kurang memuaskan, jam kerja terbatas, dan fasilitas lain yang ditawarkan kurang lengkap.
Dari permasalahan-permasalahan di atas muncul obsesi dari kami untuk mendirikan usaha jasa foto copy yang lebih memuaskan pelanggan.

2.      VISI, MISI DAN MOTO AL-YAKIN COPY CENTER
2.1.VISI                : menjadi mitra  yang baik dan di percayai oleh konsumen.
2.2.MISI               : memberikan layanan dengan kualitas terbaik dan terlengkap di bidang nya.
2.3.MOTTO         : RAMAH dalam pelayanan.
  JUJUR dalam bekerja
  BERSIH dalam penyajian
  INDAH dalam penataan
  NYAMAN  bagi pengunjung

3.      PERENCANAAN
Usaha fotocopy Al-Yakin Copy Center merupakan usaha perseorangan yang di dirikan oleh Bapak Nur Yakin, SKM dan keluarga.  Usaha fotocopy Al-Yakin Copy Centermerupakan usaha dalam bidang fotocopy yang di peruntukkan untuk segala kalangan yang menyediakan, jasa fotocopy, jilid, laminating, dan ATK.
konsep dari usaha jasa fotocopy kami ini adalah layanan prima 12 jam. Jadi, Rico Copier berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelanggan yaitu dengan jam kerja 12 jam.Hal ini dimaksudkan agar para konsumen tidak kesulitan mencari tempat fotocopy yang buka 12 jam. Selain itu karyawan kami juga akan melayani dengan cepat, rapi, dan ramah.
3.1.Perencanaan Awal
Adapun langkah-langkah yang diambil adalah sebagai berikut:
3.1.1.      Penataan Tempat Usaha
Prospek usaha fotocopy sangat menjanjikan dan pasar akan terus berkembang. Usaha foto copy di operasikan di Jalan Mojosari-Kepanjen-Malang. 
Berdasarkan tempat yang telah ditentukan oleh pemilik, pengelola melakukan penataan usaha yang menjadi prioritas utama atas dasar penyesuaian situasi dan kondisi yang nyata.
3.1.2.      Penyediaan Sarana dan Prasarana
1)      Penyediaan mesin fotocopy.
2)      Kertas dengan berbagai ukuran dan ketebalan.
3)      Penyediaan tinta mesin fotocopy.
4)      Penyediaan mesin laminating.
5)      Penyediaan alat pemotong kertas.
6)      Penyediaan etalase.
7)      Penyediaan meja.
8)      Penyediaan alat-alat untuk menjilid berupa: (Staples besar, Staples kecil, Cutter, Mistar, Lakban dan Sarana dan prasarana penunjang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
3.1.3.      Rencana Manajemen Keuangan
Rincian dana yang diperlukan antara lain:
NO
NAMA BARANG
HARGA
1
Mesin Fotocopy
25.000.000
2
Kertas (F4, A4, & Q) 100 Rim X Rp 29.000
2.900.000
3
Tinta mesin fotocopy 3kg X Rp 125.000
375.000
4
Etalase
1.500.000
5
Meja dan Kursi
300.000
6
Alat pemotong kertas
300.000
7
Mesin Laminating
1.000.000
8
Staples besar
300.000
9
Steples sedang
200.000
10
Steples kecil
27.000
11
Staples paling kecil 2 X 10.000
20,000
12
Cutter 2 X  10.000
20.000
13
Mistar besi       2 X 5.000
10.000
14
Sarana dan prasarana penunjang lainnya
2.500.000
15
Modal kerja    
1.000.000
Jumlah Keseluruhan
35.452.000

3.2.1. Rencana Manajemen Sumber Daya Manusia
A. Jabatan dan Uraian Tugas
1. Pemilik
Berperan sebagai kasir dan sekaligus sebagai penaggung jawab operasional.
2. Karyawan
Berperan sebagai pelaksana pengoperasian mesin foto copy sekaligus melayani konsumen.
B. Jam Kerja
Toko fotocopy “ Al-Yakin Copy Center “ menggunakan jam kerja hari senin s/d minggu (06.00-18.00).

4.      TUJUAN USAHA
1.      Menerapkan konsep wirausaha dalam melakukan usaha bisnis fotocopy.
2.      Usaha jasa fotocopy yang kami buat dapat diterima oleh konsumen khususnya dari orang-orang sekitar yaitu pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
3.      Menambah pengalaman dalam membuat rencana bisnis, proses pembuatan, cara memasarkan, dan pengelolaan keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan.
4.      Terciptanya usaha yang mendatangkan keuntungan bagi mahasiswa, dan juga memberi peluang kerja bagi masyarakat luas serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang dunia usaha.

5.      MANFAAT
1.      Meringankan dan memperingkas pekerjaan para pelajar, mahasiswa, para pekerja, dan masyaraka tsekitar dalam memperbanyak dokumen atau berkas.
2.      Menyediakan berbagai macam ATK yang digunakan para pengguna alat tulis.
3.      Memenuhi kebutuhan dan permintaan para konsumen.








BAB II
STRATEGI PEMASARAN

1.        SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING
a)      Segmentasi
            Yang menjadi segmen dari usaha foto copy adalah semua segmen pasar umum).
b)      Targeting
Yang menjadi target market adalah Pelajar, Pegawai, dan karyawan serta masyarakat pada umumnya
c)      Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai tempat fotocopy yang berkualitas dengan harga yang pas.

2.        PENAWARAN
a)      Perkembangan penawaran saat ini
Perkembangan penawaran disektor usaha fotocopy pada saat ini memang umum di lingkungan kampus. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha foto copy menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
b)      Prospek penawaran di masa yang akan datang
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif (dilihat dari kualitas kertas dan hasil copy dan harga dalam hal ini tidak terlalu diperhitungkan dikarenakan para pesaing juga melakukan banting harga) maka karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
3.        PROGRAM PEMASARAN
a)      Tingkat pelayanan
            Dalam usaha ini kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan langsung, pemesanan dan tepat waktu pekerjaan .
b)     Penetapan harga
            Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relatif sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.

4.        PROMOSI
Promosi merupakan objek vital dalam bidang pemasaran, karena dalam promosi produk itu sendiri bisa dikenalkan kepada konsumen.Tetapi dalam hal pemasaran fotocopy tidak memerlukan promosi berlebihan karena langsung berhubungan dengan konsumen dan mesin fotocopy.

5.        STRATEGI PEMASARAN
a)      Pemasaran Produk
Kami memiliki cara tersendiri dalam mempromosikan produk, diantaranya adalah dengan :
1.   Melakukan promosi via people ( teman, saudara dan  masyarakat).
2.    Melakukan promosi via elektronik ( handphone, jejaring sosial di internet seperti BBM, facebook, twitter, dan lain-lain).
3.    Melakukan promosi dengan menggunakan brosur atau flayer-flayer.
b)      Tingkat Pelayanan
Dalam usaha ini, kami memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 12 jam, pegawai yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjaan.


c)      Penetapan Harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relatif sehingga dapat menjalankan usaha secara continue untuk meningkatkan pangsa pasar.

























BAB III
PRODUKSI OPERASIONAL

1.        PROSES OPERASI USAHA
Proses operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
2.        KEBUTUHAN BAHAN OPERASI
Kebutuhan bahan operasi fotocopy dikelola oleh pimpinan mengenai kebutuhan bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk, dan kegiatan pemasaran.
3.        KEGIATAN PERAWATAN MESIN
Mesin fotocopy yang digunakan mempunyai umur ekonomis selama empat tahun.Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin-mesin yang kami gunakan.Misalnya perawatan mesin copy, perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami.













BAB IV
ANALISIS

1.        KELAYAKAN DENGAN ANALISIS SWOT
            Bisnis fotocopy sekarang ini jika kita melihat pangsa pasar yang setiap harinya sangat membutuhkan mesin fotocopy atau jasa fotocopy. Dalam bisnis ini sudah layak dilakukan sebab sistem internal yang dimiliki seperti: lokasi, modal, SDM, dan sarana dan prasarana sudah bisa tercukupi secare efektif dan efisien. Jika melihat sisi eksternal bisnis ini juga layak dilakukan karena pangsa pasar yang jelas dan lokasi yang cukup strategis. Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai BEP antara total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat dicapai. Untuk pengambilan keputusan mengenai kelayakan bisnis perlu mengambil analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan threats), adapun analisisnya adalah sebagai berikut:

a)      Strength (Kekuatan)
1.      Sumber daya manusia yang unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
2.      Memiliki modal yang cukup.
3.      Kemampuan dalam tataran konsep dan praktek.
4.      Hasil fotocopy yang bagus karena mesin baru dan terawat.
5.      Kemampuan melakukan pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan yang lain.
6.      Memiliki relasi bisnis fotocopy yang banyak.
7.       
b)     Weakness (Kelemahan)
1.      Pengelola masih berstatus mahasiswa, memungkinkan fungsi kontrol yang kurang baik.
2.      Jam kerja harus menyesuaikan dengan waktu perkuliahan.
3.      Sulitnya koordinasi antara pemilik usaha dengan pengelola usaha.

c)      Opportunity (Peluang)
1.      Kecenderungan mahasiswa memfotocopy materi kuliah daripada membeli buku.
2.      Dekat dengan pangsa pasar dan aktivitas administrasi.
3.      Mampu mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memiliki akses yang banyak.
d)     Threats (Tantangan)
1.      Mengalami kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase perintis.
2.      Tingginya biaya operasional ketika usaha baru mulai berdiri.
3.      Belum memahami karakter konsumen.

2.        Perkiraan Break Event Point (BEP)
Perkiraan dihitung melalui rata-rata penghasilan bersih perbulan:
Pendapatan Rata-rata: 90 X 500 X 200 =  Rp 9.000.000. sedangkkan biaya yang dikeluarkan selama satu bulan sebesar :
1.      Tinta    : 90 rim X 2500/kg                  = Rp    312.500,-
2.      Kertas  : 90 rim X Rp 29.000,-            = Rp 2.610.000,-
3.      Listrik  : Selama 1 bulan                      = Rp    270.000,-
4.      Tenaga Kerja                                       = Rp.   500.000,-
5.      Pengeluaran Lain-lain                         = Rp    500.000,-+
Total pengeluaran                             = (Rp 4.192.500,-)
Laba bersih                                        =  Rp 4.807.500,-
BEP = Harga mesin fotocopy (Canon ir 6570 Rp 25.000.000,-)
                                    Laba bersih
BEP = Rp 25.000.000,-= 5,20
            Rp 4.807.500,-
Jadi BEP dapat dilakukan pada 6 bulan bisnis berjalan dengan operasi mesin sebanyak 90 rim/bulan.
BAB V
PENUTUP
1.        KESIMPULAN
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dalam meminimalisasi biaya.

2.        SARAN
Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik, menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen yang tepat. juga menentukan dalam harga pasar, dan yang tak kalah penting adalah menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen.

0 comments:

Post a Comment