DI
BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MALANG
LAPORAN
Oleh:
NILA
AMELIA PUTRI
NIS : 1380/0293.118
SMK
CENDIKA BANGSA
BIDANG
STUDI KEAHLIAN BISINIS MANAJEMEN
PROGAM
STUDI KEAHLIAN ADMINISTRASI
KOMPETENSI
KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
DESEMBER
2016
Lembar
Pengesahan Ujian
Laporan prakerin oleh Nila Amelia Putri
ini telah dipertahankan di depan Tim
Penguji pada tanggal 5 Desember 2016
Tim Penguji,
Ketua Penguji , Pembimbing,
Irma Suryandari, S.Pd. Ari Miswan, S.Pd.
Mengesahkan, Mengetahui,
Kepala
SMK Cendika Bangsa Kepala
Kompetensi keahlian
Rachmat
Farich, S.E. Irma
Suryandari, S.Pd.
Lembar
Persetujuan Ujian
Laporan Prakerin oleh Nila Amelia Putri
telah diperiksa dan di setujui untuk di uji.
Malang,
5 Desember 2016
Pembimbing,
AriMiswan,S.Pd.
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmatNya, sehingga
pelaksana prakerin dan penulisan laporan
Prakerin ini dapat saya selesaikan tepat
waktu.
Penyelesaian
prakerin dan laporan ini tidak lepas dari bantuan, motivasi,
dandukungan dari berbagai pihak. Oleh
karena itu, penulis mengucapkan terima
kasih yang setulus-tulusnya kepada
pihak-pihak berikut.
1.
Tuhan yang Maha
Esa yang telah memberikan kenikmatan dan rahmatNya
2.
Kedua orang tua
yang telah merawat dan mendidik penulis dari lahir sampai saat ini sehingga
penulis dapat tumbuh dan berkarya seperti sekarang ini.
3.
Rachmat Farich,
S.E selaku Kepala SMK Cendika Bangsa
4.
Ari Miswan S.Pd. selaku Pembimbing SMK Cendika
Bangsa
5.
Irma Suryandari,
S.Pd. selaku Kepala Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
6.
Ari Miswan S.Pd.
selaku Ketua Prakerin SMK Cendika Bangsa
7.
Agus Budi Santoso
selaku kepala Badan
Pusat
Statistik
Kabupaten Malang
8. Ratih Damayanti selaku
petugas IPDS yang selalu membantu dalam kesulitan saat melakukan pekerjaan di
dalam kantor
9. Rusmeiyati selaku
pembimbing selama prakerin di Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
Semua pihak yang telah
membantu dalam penulisan laporan prakerin ini yang tidak dapat saya sebutkan
satu persatu.
Saya berharap laporan
ini dapat membantu semua pihak untuk mendapatkan sedikit pengetahuan. Kritik
dan saran selalu terbuka lebar untuk diri saya agar kedepanya hasil kinerja
saya lebih baik.
Malang,
05 Desember 2016
Penulis
Nila Amelia Putri
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI ................................................................................................. iii
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................
iv
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ....................................................................................... 1
B. Tujuan Prakerin.......................................................................................
2
C. Manfaat Prakerin .................................................................................... 4
II.
HASIL DAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Tempat dan Pelaksanaan Prakerin .............................................................. 6
B. Profil Kantor
1. Sejarah Instansi ....................................................................................... 7
2. Visi dan Misi............................................................................................
11
3. Sarana Prasarana ..................................................................................... 12
C. Kegiatan yang dilakukan ............................................................................ 13
D. Faktor pendukung dang penghambat ......................................................... 15
E. Masalah dan Solusi ..................................................................................... 15
F. Prestasi selama Prakerin...............................................................................
15
III.
PENUTUP
A. Kesimpulan ................................................................................................. 16
B. Saran ........................................................................................................... 16
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1 Daftar Harian ............................................................................. 17
Lampiran 2 Daftar Gambar ........................................................................... 21
Lampiran 3 Struktur Organisasi Badan Pusat
Statistik Kabupaten Malang .. 22
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Praktek kerja
industri (prakerin) adalah
suatu bentukpenyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik
dan sinkron antara program pendidikan disekolah dan program pengusahaan yang
diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja untuk mencapai suatu
tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat
dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat.
Ilmu pengetauan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja
kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui
proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.
Prakerin dilaksanakan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui
pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang
profesional.dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan
dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia
industri.tanpa diadakan pendidikan sistem ganda ini kita tidak dapat langsung
terjun kedunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi
lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan
tentang praktek kerja industri dan putusan menteri. Adapun peraturan praktek
kerja industri adalah sebagai berikut : Tercantum pada UU no. 2 tahun 1989
tentang pendidikan nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan , pengajaran dan pelatihan bagi perananya dimasa yang akan
datang.
Peraturan pemerintah
no. 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengahyang bertujuan meningkatkan
kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan
timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar dan meningkatkan
pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
Peraturan pemerintah
no. 30 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional,
serta keputusan menteri no.0490/1993 tentang kurikulum Smk yang berisi bahwa
“dalam melaksanakan pendidikandilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan
didalam sekolah dan pendidikan
diluar sekolah”.
B. Tujuan prakerin
secara umum pelaksanaan
program praktek kerja di tunjukkan untuk meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan siswa di bidang Teknologi . penyesuaian diri dengan lingkungan
yang sebenarnya , mengumpulkaninformasi dan menulis laporan yang berkaitan
langsung dengan tujuan khusus. Setalah siswa melaksanakan program prakti kerja
industri secara khusus siswa di harapkan memperoleh pengalaman yang mencangkup
tinjauan tentang perusahaan dan kegiatan-kegiatan praktik yang berhubungan
dengan teknologi. Serta mempersiapkan para siswa untuk bekerja secara mandiri,
bekerja dalam suatu tim mengembangkan potensidan keahlian sesuai dengan minat
dan bakat masing-masing .
praktik
kerja industri merupakan suatu sistem pembelajaran yang di lakukan diluar
proses belajar mengajar dan di laksanakan pada perusahaan atauindustri atau
instansi atau relefan.
Penyelenggaran praktik
kerja industri di SMK Cendika Bangsamembentuk supaya memiliki profesional kerja
antara lain :
1.
Meingkatkan,
memperluas dan menetapkan ketrampilan yang
membentuk kemampuan siswa sebagai bekal
untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan progam keahlian dan disiplin
ilmunya.
2.
Menumbuh
kembangkan dan memanfaatkan siswa profesional yang diperlukan siswa untuk
memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.
3.
Meningkatkan
pengalaman siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja
antara lain: Struktur Organisasi Usaha, Asosiasi Usaha, Jenjang Karir dan
Menengah Usaha.
4.
Memberikan
kesempatan pada siswa untuk memasyarakatkan diri pada sesuatu atau iklim
lingkungan kerja yang sebenarnya, baik sebagai pekerja, sebagai penerima upah
maupun sebagai pekerja mandiri, terutama yang berkenaan dengan displin kerja.
5.
Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja
ke sekolah dan sebaliknya.
6.
Memperoleh
masukan dan upah baik untuk memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan
kejuruan.
7.
Menjalin
kerjasama dengan dunia usahasecara intitusional untuk memberikan peluang masuk
dan di tempatkannya alumni.
C. Manfaat Prakerin
Kegiatan Prakerin ini diharapkan
memberikan manfaat kepada pihak-pihaksebagai berikut:
1.
Bagi
Siswa
a)
Membentuk mental
siswa-siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
b)
Menambah
pengetahuan siswa –siswi dimasing-masing bidangnya.
c)
Memberikan suatu
motivasi dalam diri siswa-siswi agar menunjukkan
dirinya
mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
d)
Memberikan bekal
serta gambaran pada siswa-siswi seperti apakah
bekerja
itu.
e)
Memberikan suatu
tambahan wawasan pada siswa-siswi tentang
sesuatu
yang belum didapatkan disekolah.
f)
Sebagai
pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep
yang
didapat selama melakukan Prakerin sehingga terbiasa dengan
dunia
lapangan kerja.
2.
Bagi
Sekolah
a)
Sekolah akan
memperoleh image positif dari
perusahaan tempat prakerin karena anak didik sekolah mampu beradaptasi dalam pekerjaan
dari lingkungan perusahaan.
b)
Sekolah akan
mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari orang tua dan masyarakat karena anak
didik memiliki kemampuan yang baik.
c)
Bentuk kepedulian
sekolah kepada akan kualitas siswa didik.
d)
Menghilangkan
kesan negatif bagi perusahaan penerima peserta Prakerin bahwa proses Prakerin
hanya mengganggu aktivitas perusahaan.
3. Bagi
Perusahaan
a)
Dapat
terselesainya dengan cepat pelaksanaan tugas-tugas yang menyangkut tentang
pekerjaan kantor.
b)
Dapat
terbantunya pekerjaan yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan / Instansi dan
pekerjaan menjadi lebih ringan.
c)
Perusahaan /
Instansi akan mengenal kualitas SMK secara luas dan mendalam, sehingga
mempermudah dalam mencari calon karyawan dan pemakai lulusan SMK dapat membina
calon karyawan sedini mungkin.
BAB
II
HASIL
DAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Tempat dan Waktu
Pelaksanaan Prakerin
Tempat dan Pelaksanaan
Prakerin dilaksanakan di Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang yang berlokasi
di Jl. Raya Jatirejoyoso 1A Kepanjen-MalangTelp. (0341) 396979HP.
0817316737Kabupaten Malang.
Waktu Pelaksanaan Prakerin
terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2016 sampai 21 November 2016.
Adapun
jadwal jam kerja adalah sebagai berikut :
Hari
|
Jam Masuk
|
Jam Istirahat
|
Jam Pulang
|
Minggu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
Senin
|
07.30 WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Selasa
|
07.30 WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Rabu
|
07.30 WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Kamis
|
07.30 WIB
|
12.00 WIB
|
16.00 WIB
|
Jum’at
|
07.30 WIB
|
11.30 WIB
|
16.30 WIB
|
Sabtu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
Tabel 2.1 Jadwal
jam Kerja
1.
SEJARAH
BADAN PUSAT STATISTIK
MasaPemerintahanHindia-Belanda
DidirikanpadabulanFebruari
1920 olehDirekturPertanian, Kerajinan, danPerdagangan (Directeur van
LandbouwNijveirhed en Handel) di Bogor yang bertugasmengolahdanmempublikasikan
data statistik. Padatanggal 24 September 1924, pusatkegiatanstatistikdipindahkandari
Bogor ke Jakarta dengannama Central KantoorVoor de Statistiek (CKS) atau Kantor
PusatStatistik.
KegiatannyapadawaktuitudiutamakanuntukmendukungkebijakanPemerintahHindiaBelanda.Produkperundang-undanganKantor
PusatStatistikadalahVolkstellingOrdonnantie1930 (Staatsblad 1930 Nomor 128)
yang mengatursensuspendudukdanStatistiekOrdonnantie 1934 ( StaatsbladNomor 508)
tentangkegiatanperstatistikan. Padatahun 1930, lembaga CKS
melaksanakansuatukegiatan monumental, yaituSensusPenduduk yang pertamadilakukan
di Indonesia.
MasaPemerintahanJepang
Tahun
1942-1945, CKS beralihkepemerintahanmiliterJepang,
dankegiatannyadiarahkanuntukmemenuhikebutuhanperang (data militer).Nama CKS
diubahmenjadiShomubuChosasitsuGunseikanbudanbernaung di bawahGubernurMiliter
(Gunseikanbu).
MasaPemerintahan
RI 1945 – 1965
Sejak proklamasi
kemerdekaan 17 Agustus 1945, ShomubuChosasitsuGunseikanbudiubahmenjadi Kantor
PenyelidikanPerangkaanUmum (KAPPURI),
dipimpinolehMr.AbdulKarimPringgodigdo.Padaawal 1946, KAPPURI
pindahmengikutipindahnyapusatpemerintahan RI ke Yogyakarta.Saatitu KAPPURI
dipimpinolehSemaun.Dilainpihak di Jakarta CSK diaktifkankembaliolehPemerintah
Federal (Belanda).BerdasarsuratedaranKementrianKemakmuranNomor 219/SC, tanggal
12 Juni 1950, ShomubuChosasitsuGunseikanbudan KAPPURI dileburmenjadi Kantor
PusatStatistik (KPS) danberada di bawahnaunganKementrianKemakmuran.
Padatanggal
1 Maret 1952, MenteriPerekonomianmengeluarkanKeputusanNomor P/44 yang
menyatakan KPS berada di
bawahdanbertanggungjawabpadaMenteriPerekonomian.BerdasarkanKeputusanMenteriPerekonomianNomor
18.099/M Tanggal 24 Desember 1953, kegiatan KPS dibagimenjadi 2
bagianyaituAfdeling A merupakanBagianRisetdanAfdeling B
merupakanBagianPenyelenggarandan Tata Usaha.
Padatanggal
1 Juni 1957, denganSuratKeputusanPresiden RI No.172/1957, KPS diubahmenjadi
Biro PusatStatistik (BPS)
danbertanggungjawablangsungdibawahPerdanaMenteri.Padatanggal 24 September 1960,
UU Nomor 6 Tahun 1960
tentangSensusdiundangkanmenggantikanVolkstellingOrdonnantie 1930 (Staatsblad
1930 Nomor 128).Padatanggal 26 September 1960, UU Nomor 7 Tahun 1960
tentangStatistikdiundangkanmenggantikanStatistiekOrdonnantie 1934 (StaatsbladNomor
508). BerdasarkanKeputusanPerdanaMenteriNomor 26/P.M/1958 tanggal 16 Januari
1958, BPS diberitugasmelakukanpekerjaanpersiapanSensusPenduduk.SesuaidenganPasal
2 UU Nomor 6 Tahun 1960, padatahun 1961 BPS
menyelenggarakaSensusPendudukpertamasejakmasakemerdekaan. Di tiapkantorGubernur
(Propinsi), Kab/Kota danKecamatandibentukbagian yang
menguruspelaksanaanSensusPenduduk.
MasaPemerintahan RI 1966 – Sekarang
BerdasarkanKeputusan
Presidium KabinetNo.Aa/C/9 Tahun 1965 tanggal 19 Februari 1965
dinyatakanbahwaBagianSensus di Kantor GubernurdanKabupaten/Kota
ditetapkanmenjadi Kantor Cabang BPS dengannama Kantor StatistikdanSensus
Daerah.
PadamasapemerintahanOrdeBaru,
PemerintahmenetapkantigabuahPeraturanPemerintahtentangSensuyaitu PP nomor 21
Tahun 1979 tentangPelaksanaanSensusPendudukpadatanggal 2 Juli 1979. PP Nomor
2Tahun 1983 tentangSensusPertanianpadatanggal 21 Januari 1983 dan PP Nomor 29
Tahun 1985 tentangSensusEkonomipadatanggal 10 Juni 1985. Padatanggal 29 Mei
1968, ditetapkanPeraturanPemerintah No.16 Tahun 1968 yang mengaturOrganisasidan
Tata Kerja BPS (di pusatdan di daerah).Padatanggal 20 Februari 1980, ditetapkan
PP No. 6 Tahun 1980 tentangOrganisasi BPS sebagaipengganti PP No.16/1968.
Berdasarkan PP Nomor 6/1980 di tiappropinsiterdapatperwakilan BPS dengannama
Kantor StatistikPropinsi, dan di tiapKab/Kota terdapatperwakilan yang bernama
Kantor StatistikKab/Kota.
Padatanggal
9 Januari 1992, ditetapkan PP No.2 Tahun 1992 tentangOrganisasi BPS
sebagaipengganti PP No. 6 Tahun 1980. Kedudukan, fungsi, tugas,
susunanorganisas, dan Tata Kerja BPS yang
selanjutnyadiaturdenganKeputusanPresidenNomor 6 Tahun 1992.Padatanggal 26 September
1997 dengan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentangStatistik, Biro
PusatStatistikdiubahnamanyamenjadi “BadanPusatStatistik”,
dansekaligusmenetapkantanggaltersebutsebagai ” HariStatistik”.
Tahun 1998,
ditetapkanKeppres No.86 Tahun 1998 tentangBadanPusatStatistik.BerdasarkanKepPrestersebut,
perwakilan BPS di daerahadalahinstansivertikaldengannama BPS Provinsi, BPS
Kabupatendan BPS Kotamadya. PAdatanggal 26 Mei 1999, ditetapkan PP Nomor 51
tahun 1999 tentangPenyelenggaraanStatistik.
Memasuki era
Otonomidaerah, ditetapkanKeppres No.166 Tahun 2000 tentangKedudukan, Fungsi,
Tugas,Kewenangan, SusunanOrganisasidan Tata KerjaLembagaPemerintahan Non
Departemen (LPND) dan BPS masuksebagai LPND.
1. Visi dan Misi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
a)
Visi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
Badan Pusat Statistik
Kabupaten Malang mempunyai Visi yakni “ Pelopor data
statistikterpercayauntuksemua.”
b) Misi Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
1.
Memperkuat landasan
konstitusional dan operasional lembaga statistik untuk penyelenggaraan
statistik yang efektif dan efisien.
2.
Menciptakan insan
statistik yang kompeten dan profesional, didukung pemanfaatan teknologi
informasi mutakhir untuk kemajuan perstatistikan Indonesia.
3.
Meningkatkan penerapan
standar klasifikasi, konsep, definisi, pengukuran, dan kode etik statistik yang
bersifat universal dalam setiap penyelenggaraan statistik.
4.
Meningkatkan kualitas
pelayanan informasi statistik bagi semua pihak.
5.
Meningkatkan koordinasi,
integrasi, dan sinkronisasi kegiatan statistik yang diselenggarakan pemerintah
dan swasta, dalam kerangka Sistem Statistik Nasional (SSN) yang efektif dan
efisien.
2.
Sarana
Prasarana
2.1
Sarana
2.1.1
Computer
2.1.2
Printer
2.1.3
Kursi
2.1.4
Meja
2.1.5
Lemari sebagai
tempat penyimpanan berkas dan buku
2.1.6
Perlengkapan
alat tulis yang di siapkan oleh instansi masing-masing
2.2
Prasarana
2.2.1
Gedung Badan
Pusat Statistik Kabupaten Malang
2.2.2
Ruang Penerima
Tamu
2.2.3
Ruang Kepala
2.2.4
Ruang IPDS
2.2.5
Ruang Tata Usaha
(TU)
2.2.6
Ruang Aula
2.2.7
Ruang Karyawan
2.2.8
Perpustakaan
2.2.9
Musholla
2.2.10
Gudang
2.2.11
Dapur
2.2.12
Area Parkir
B.
Kegiatan
yang dilakukan
Selama melaksanakan Prakerin kegiatan
yang dilakukan di tempat prakerin meliputi kegiatan yang berkaitan dengan
Administrasi Perkantoran, seperti
1.
Mengentri Susenas
Mengentri susenas adalah memasukkan data
kedalam komputer untuk di edit kembali oleh petugas yang ada di kantor. Susenas
di entri berdasarkan data yang telah ada. Data susenas di peroleh dari warga
yang telah di sensus berdasarkan peraturan sensus ekonomi 2016 warga yang di
sensus adalah warga yang memiliki hasil panen atau hasil usaha lainnya. Selain
itu susenas merupakan data kebutuhan ekonomi yang di butuhkan oleh narasumber.
2.
Pengolahan Data
SPH
Data SPH adalah data-data hasil tanaman
pangan seperti ubi-ubian, kacang-kacagan, tanaman hias, tanaman obat-obatan dan
hasil tanaman lainnya yang di hasilkan oleh setiap kecamatan yang ada di
kabupaten malang yang terdiri dari 33 kecamatan
3.
Pengarsipan
Data-data
Data yang di asip berdasarkan tiap
kecamatan. Data yang di arsip merupakan data pemutakiran yang telah di
sesuaikan. Hasil arsip di simpan di lemari arsip yang telah di sediakan oleh
kantor. Selain data pemutakiran ada juga data-data hotel, penginapan, losmen
dan lain-lain
4.
Melengkapi Data
Triwulanan
Data triwulan adalah data per/tiga bulan
sebuah kecamatan dari data tersebut kita dapat mengetahui hasil kesimpulan dari
ubinan tiap tiga bulannya
5.
Pengecekan Hard
Ware dan Soft Ware
Pengecekan dilakukan pada Tablet dan GPS
yang di miliki oleh kantor Badan Pusat Statistik Kab Malang
6.
Pelengkapan
Surat Pengawasan SE 2016
Surat di lengkapi dengan nama pembuat
surat dengan isian nama dan no induk pegawai (NIP).
7.
Entri MOIBS
MOIBS adalah data perusahan atau
gudang-gudang yang ada di kabupaten malang. MOIBS di entri menggunakan komputer
yang telah disediakan oleh kantor dengan begitu akan memudahkan pengentri
memasukkan data .
8.
Membuat dan
Mengentri Kartu Kendali
Dalam pembuatan kartu kendali (OC) sudah
di siapkan kertas untuk mengisikan data seseorang ke dalam kertas tersebut
kemudian memasukkan/mengentri kartu kendali (OC) tersebut ke dalam komputer
yang sudah ada aplikasinya sendiri.
C. Faktor
pendukung dan Penghambat
a)
Faktor Pendukung
1)
Tersedianya
fasilitas komputer yang dapat dihubungkan dengan fasilitas internet, sehingga
dapat membantu dalam proses pelaksanaan pekerjaan.
b)
Faktor
Penghambat
1)
Kurangnya
fasilitas komputer jadi waktu melakukan tugas prakerin harus bergantian dengan
karyawan yang ada dikantor.
D. Masalah
dan Solusi
1.
Masalah
1)
Adanya perintah
yang kurang jelas
2)
Pekerjaan yang
dilakukan belum selesai sudah di tambah dengan pekerjaan lain
3)
Terkadang tidak
ada pekerjaan sama sekali
2.
Solusi
1)
Seharusnya dalam
menjelaskan lebih baik tidak terburu-buru dan lebih di perjelas lagi
E. Prestasi
yang diperoleh
Prestasi yang penulis peroleh adalah:
-
Penulis lebih
mengharagai waktu dan lebih menerapkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan
yang tinggi.
-
Penulis yang
awalnya tidak begitu menguasai komputer, sekarang jadi lebih menguasai.
BAB
III
PENUTUP
A. Simpulan
Penulis ingin
mengucapkan banyak terima kasih kepada yang telah mengizinkan siswa dari Smk
Cendika Bangsa untuk melaksanakan
proses pendidikan dan
pelatihan tenaga kerja
yang berkualitas dan
profesional serta mendapatkan
pengalaman dalam dunia
kerja.
Dari pengalaman
yang didapat oleh
penulis di Badan Pusat Statistik , penulis mampu
memahami dan menyerap ilmu-ilmu pengetahuan serta wawasan yang didapat selama
prakerin di Badan Pusat Statistik. Dimana ilmu pengetahuan dan wawasan yang
belum pernah diperoleh selama duduk dibangku sekolah.
B.
Saran
Penulis
memberi saran kepada generasi cendika berikutnya untuk benar-benar mampu
terjun di dunia usaha atau dunia industri. Para cendika harus siap menerima
resiko apapun yang didapat di tempat prakerin.oleh karenya para cendika harus
mampu menjaga sikap (attitude) dan perhatian (attetion).
Hal ini berdasarkan pada pengalaman yang
pernah didapat oleh penulis dan penulis sangat mengharapkan siswa-siswi Smk
Cendika Bangsa mampu menjadi generasi cendika yang berkualitas dan profesional.
Demikian isi ringkas
dari kesimpulan dan saran yang mampu penulis cantumkan pada halaman ini. Saya Nila
Amelia Putri selaku penulis laporan hasilprakerin ini meminta maaf apabila ada
kesalahan dalam pengetikan kata dan bahasa.
Lampiran
I Daftar Harian
URAIAN KEGIATAN SEHARI-HARI
NAMA
INSTANSI : BADAN PUSAT STATISTIK
BIDANG
PEKERJAAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN
AJARAN : 2016/2017
1.
|
Senin,22Agustus
2016
|
07.30-16.00
|
1. entry
SIMSPH SBS
2.
Sinkronisasi RKSPH SBS
3. merekap
SUB-S Ubinan
|
2.
|
Selasa,23 Agustus
2016
|
07.30-16.00
|
1.Membuat
kartu kendali SE 2016
2. Entry data
Kartu kendali SE 2016
|
3.
|
Rabu,24
Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entry sipmen
SE 2016
2. Cek
software dan Hardware tablet dan Gps
|
4.
|
Kamis,25Agustus
2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri MOIBS
2.Entry data
kartu kendali
|
5.
|
Jumat, 26 Agustus2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri
sakernas SE2016
2.Membuat
surat pengawasan SE 2016
|
6.
|
Senin, 29 Agustus
2016
|
07.30-16.00
|
1.Pengisian
lembar editor SE 2016
2. entri OC SE
2016
|
7.
|
Selasa, 30
agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.entri update
wisnus
2. ketik
notulen rapat
|
8.
|
Rabu, 31
Agustus 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri MOIBS
2.Entri OC SE
2016
|
9.
|
Kamis,1september
2016
|
07.30-16.00
|
1.
sinkronisasi RKSPH SBS
|
10.
|
Jumat,2September
2016
|
07.30-16.00
|
1. merekap
SUB-S Ubinan
|
11.
|
Senin,3September
2016
|
07.30-16.00
|
1. melengkapi
data survei lembaga hotel
|
12.
|
Selasa,6September
2016
|
07.30-16.00
|
Tidak Ada
Pekerjaan
|
13.
|
Rabu,7
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. melengkapi
data survei lembaga hotel
|
14.
|
Kamis,8
september 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri IBS
2.Entri MOIBS
3.Entri data
SPH
|
15.
|
Jumat,9
September 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri susnas
|
16.
|
Senin , 12
september 2016
|
-
|
LIBUR IDUL
ADHA
|
17.
|
Selasa , 13
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri susenas
2 Entri MOIBS
|
18.
|
Rabu, 14
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri
susenas
2. Entri data
SPH
|
19.
|
Kamis, 15
September 2016
|
-
|
RADAR MALANG
|
20.
|
Jumat, 16
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Mengarsip
peta-peta kecamatan
|
21.
|
Senin, 19
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Mengarsip
data surat pengawsan SE 2016
|
22.
|
Selasa, 20
September 2016
|
07.30-16.00
|
1.Mengedit /merekap buku hasil tanaman
kab. Malang dalam angka tahun 2016
|
23.
|
Rabu, 21
September 2016
|
07.30-16.00
|
1.melanjutkan
Mengedit /merekap buku hasil tanaman kab. Malang dalam angka tahun 2016
|
24.
|
Kamis, 22
September 2016
|
07.30-16.00
|
Tidak
Ada yang dikerjakan
|
25.
|
Jumat, 23
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2.Menggunting
daftar gaji pegawai
3.Melengkpi DATA VISUM KOPERASI
|
26.
|
Senin, 26 September
2016
|
07.30-16.00
|
1.Tidak Ada
Pekerjaan
|
27.
|
Selasa, 27
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Upacara
peringatan hari BPS
2. Entri
susenas
|
28.
|
Rabu, 28
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data
visum koperasi
2. Entri data
SPH
|
29.
|
Kamis, 29
September 2016
|
07.30-16.00
|
1. melengkapi
data hotel, penginapan, losmen
|
30.
|
Jumat, 30
September
|
07.30-16.00
|
1. Upacara
peringatan G30SPKI
|
31.
|
Senin,3
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Membuat
surat pengawasan SE 2016
|
32.
|
Selasa, 4
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data
SPH
|
33.
|
Rabu, 5
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri
wisnus (wisatawan nusantara)
|
34.
|
Kamis, 6
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada
pekerjaan
|
35.
|
Jumat, 7
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2. Mengisi
surat masuk
|
36.
|
Senin, 8
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1.Membuat surat pengawasan
|
37.
|
Selasa, 11
Oktober 2016
|
08.00-16.00
|
1.
Entry SIMSPH-SPH
|
38.
|
Rabu, 12
Oktober 2016
|
08.00-16.00
|
1. membuat
surat pengawasan
|
39.
|
Kamis, 13
Oktober 2016
|
-
|
SAKIT
|
40.
|
Jumat, 14
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Pengarsipan
dokumen WISNUS
2. Entri
WISNUS
|
41.
|
Senin, 17
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Pengarsipan
data-data hotel (kec.kepanjen)
|
42.
|
Selasa, 18
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada
yang di kerjakan
|
43.
|
Rabu, 19
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada
yang di kerjakan
|
44.
|
Kamis, 20
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data
SPH-SBS
|
45.
|
Jumat, 21
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Senam pagi
2. Melengkapi
dokumen yang akan di gunakan untuk rapat
|
46.
|
Senin, 24
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri
susenas
2.Entri wisnus
|
47.
|
Selasa,25
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Pengolahan
data SPH
|
48.
|
Rabu, 26
Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data
MOIBS
|
49.
|
Kamis, 27
oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data
triwulanan
|
50.
|
Jumat,
28Oktober 2016
|
07.30-16.00
|
1. Mengetik
Notulen rapat
|
51.
|
Senin, 31
Oktober 2016
|
-
|
SAKIT
|
52.
|
Selasa, 1
November 2016
|
-
|
SAKIT
|
53.
|
Rabu, 2
November 2016
|
-
|
SAKIT
|
54.
|
Kamis, 3
November 2016
|
-
|
SAKIT
|
55.
|
Jumat, 4 November 2016
|
-
|
SAKIT
|
56.
|
Senin, 7
November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Entri data
SPH
2. Entri
susenas
|
57.
|
Selasa, 8
November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Tidak ada
yang di kerjakan
|
58.
|
Rabu, 9
November 2016
|
07.30-16.00
|
1. Searc web
BPS
|
59.
|
Kamis, 10
November 2016
|
07.30-16.00
|
1.Entri data
SPH
|
60.
|
Jumat, 11
November 2016
|
-
|
IZIN
|
Lampiran II
Daftar Gambar
Foto
bersama bu Mey selaku Guru pembimbing
Foto
Pada Saat menulis Kartu Kendali (OC)
Lampiran III StrukturOrganisasi
0 comments:
Post a Comment