Propellerads
Home » » CONTOH (PRAKERIN) DI BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MALANG

CONTOH (PRAKERIN) DI BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MALANG

Written By Unknown on Saturday, December 31, 2016 | 9:32 PM



DI BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MALANG

LAPORAN

Oleh:
NILA AMELIA PUTRI
NIS : 1380/0293.118






SMK CENDIKA BANGSA
BIDANG STUDI KEAHLIAN BISINIS MANAJEMEN
PROGAM STUDI KEAHLIAN ADMINISTRASI
KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
DESEMBER 2016

Lembar Pengesahan Ujian

Laporan prakerin oleh Nila Amelia Putri ini telah dipertahankan di depan Tim
Penguji pada tanggal 5  Desember 2016

Tim Penguji,
Ketua Penguji ,                                                           Pembimbing,

Irma Suryandari, S.Pd.                                               Ari Miswan, S.Pd.

Mengesahkan,                                                             Mengetahui,
Kepala SMK Cendika Bangsa                                    Kepala Kompetensi keahlian


Rachmat Farich, S.E.                                                  Irma Suryandari, S.Pd.


Lembar Persetujuan Ujian

Laporan Prakerin oleh Nila Amelia Putri telah diperiksa dan di setujui untuk di uji.

Malang, 5 Desember 2016
Pembimbing,

AriMiswan,S.Pd.

KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmatNya, sehingga pelaksana prakerin dan penulisan laporan
 Prakerin ini dapat saya selesaikan tepat waktu.
            Penyelesaian prakerin dan laporan ini tidak lepas dari bantuan,  motivasi,
dandukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima
kasih yang setulus-tulusnya kepada pihak-pihak berikut.
1.      Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan kenikmatan dan rahmatNya
2.      Kedua orang tua yang telah merawat dan mendidik penulis dari lahir sampai saat ini sehingga penulis dapat tumbuh dan berkarya seperti sekarang ini.
3.      Rachmat Farich, S.E selaku Kepala SMK Cendika Bangsa
4.       Ari Miswan S.Pd. selaku Pembimbing SMK Cendika Bangsa
5.      Irma Suryandari, S.Pd. selaku Kepala Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
6.      Ari Miswan S.Pd. selaku Ketua Prakerin SMK Cendika Bangsa
7.      Agus Budi Santoso selaku kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
8.      Ratih Damayanti selaku petugas IPDS yang selalu membantu dalam kesulitan saat melakukan pekerjaan di dalam kantor
9.      Rusmeiyati selaku pembimbing selama prakerin di Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang

Semua pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan prakerin ini yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Saya berharap laporan ini dapat membantu semua pihak untuk mendapatkan sedikit pengetahuan. Kritik dan saran selalu terbuka lebar untuk diri saya agar kedepanya hasil kinerja saya lebih baik.

Malang, 05 Desember 2016
Penulis


Nila Amelia Putri
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ..................................................................................  i
DAFTAR ISI .................................................................................................  iii
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................. iv
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .......................................................................................  1
B. Tujuan Prakerin....................................................................................... 2
C. Manfaat Prakerin ....................................................................................  4
II. HASIL DAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Tempat dan Pelaksanaan Prakerin .............................................................. 6
B. Profil Kantor
1. Sejarah Instansi ....................................................................................... 7
2. Visi dan Misi............................................................................................ 11
3. Sarana Prasarana .....................................................................................  12
C. Kegiatan yang dilakukan ............................................................................  13
D. Faktor pendukung dang penghambat .........................................................  15
E. Masalah dan Solusi .....................................................................................  15
F. Prestasi selama Prakerin............................................................................... 15
III. PENUTUP
A. Kesimpulan .................................................................................................  16
B. Saran ...........................................................................................................  16


DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran 1 Daftar Harian ............................................................................. 17
Lampiran 2 Daftar Gambar ........................................................................... 21
Lampiran 3 Struktur Organisasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang .. 22


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.
Praktek  kerja  industri  (prakerin)  adalah  suatu  bentukpenyelenggaraan  dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan disekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat. Ilmu pengetauan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.
Prakerin dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional.dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri.tanpa diadakan pendidikan sistem ganda ini kita tidak dapat langsung terjun kedunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang praktek kerja industri dan putusan menteri. Adapun peraturan praktek kerja industri adalah sebagai berikut : Tercantum pada UU no. 2 tahun 1989 tentang pendidikan nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan , pengajaran dan pelatihan bagi perananya dimasa yang akan datang.
Peraturan pemerintah no. 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengahyang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
Peraturan pemerintah no. 30 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional, serta keputusan menteri no.0490/1993 tentang kurikulum Smk yang berisi bahwa “dalam melaksanakan pendidikandilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan didalam sekolah dan pendidikan diluar sekolah”.
B.     Tujuan prakerin
secara umum pelaksanaan program praktek kerja di tunjukkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang Teknologi . penyesuaian diri dengan lingkungan yang sebenarnya , mengumpulkaninformasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setalah siswa melaksanakan program prakti kerja industri secara khusus siswa di harapkan memperoleh pengalaman yang mencangkup tinjauan tentang perusahaan dan kegiatan-kegiatan praktik yang berhubungan dengan teknologi. Serta mempersiapkan para siswa untuk bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim mengembangkan potensidan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing .
praktik kerja industri merupakan suatu sistem pembelajaran yang di lakukan diluar proses belajar mengajar dan di laksanakan pada perusahaan atauindustri atau instansi atau relefan.
Penyelenggaran praktik kerja industri di SMK Cendika Bangsamembentuk supaya memiliki profesional kerja antara lain :
1.      Meingkatkan, memperluas dan menetapkan ketrampilan yang
membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan progam keahlian dan disiplin ilmunya.
2.      Menumbuh kembangkan dan memanfaatkan siswa profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.
3.      Meningkatkan pengalaman siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja antara lain: Struktur Organisasi Usaha, Asosiasi Usaha, Jenjang Karir dan Menengah Usaha.
4.      Memberikan kesempatan pada siswa untuk memasyarakatkan diri pada sesuatu atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya, baik sebagai pekerja, sebagai penerima upah maupun sebagai pekerja mandiri, terutama yang berkenaan dengan displin kerja.
5.      Meningkatkan, memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah dan sebaliknya.
6.      Memperoleh masukan dan upah baik untuk memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan kejuruan.
7.      Menjalin kerjasama dengan dunia usahasecara intitusional untuk memberikan peluang masuk dan di tempatkannya alumni.

C.    Manfaat Prakerin
Kegiatan Prakerin ini diharapkan memberikan manfaat kepada pihak-pihaksebagai berikut:
1.      Bagi Siswa
a)      Membentuk mental siswa-siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
b)      Menambah pengetahuan siswa –siswi dimasing-masing bidangnya.
c)      Memberikan suatu motivasi dalam diri siswa-siswi agar menunjukkan
dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
d)     Memberikan bekal serta gambaran pada siswa-siswi seperti apakah
bekerja itu.
e)      Memberikan suatu tambahan wawasan pada siswa-siswi tentang
sesuatu yang belum didapatkan disekolah.
f)       Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep
yang didapat selama melakukan Prakerin sehingga terbiasa dengan
dunia lapangan kerja.
2.      Bagi Sekolah
a)      Sekolah akan memperoleh image positif dari perusahaan tempat prakerin karena anak didik sekolah mampu beradaptasi dalam pekerjaan dari lingkungan perusahaan.
b)      Sekolah akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari orang tua dan masyarakat karena anak didik memiliki kemampuan yang baik.
c)      Bentuk kepedulian sekolah kepada akan kualitas siswa didik.
d)     Menghilangkan kesan negatif bagi perusahaan penerima peserta Prakerin bahwa proses Prakerin hanya mengganggu aktivitas perusahaan.
3.      Bagi Perusahaan
a)      Dapat terselesainya dengan cepat pelaksanaan tugas-tugas yang menyangkut tentang pekerjaan kantor.
b)      Dapat terbantunya pekerjaan yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan / Instansi dan pekerjaan menjadi lebih ringan.
c)      Perusahaan / Instansi akan mengenal kualitas SMK secara luas dan mendalam, sehingga mempermudah dalam mencari calon karyawan dan pemakai lulusan SMK dapat membina calon karyawan sedini mungkin.


BAB II
HASIL DAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan Prakerin
Tempat dan Pelaksanaan Prakerin dilaksanakan di Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang yang berlokasi di Jl. Raya Jatirejoyoso 1A Kepanjen-MalangTelp. (0341) 396979HP. 0817316737Kabupaten Malang.
Waktu Pelaksanaan Prakerin terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2016 sampai 21 November 2016.
Adapun jadwal jam kerja adalah sebagai berikut :
Hari

Jam Masuk
Jam Istirahat
Jam Pulang

Minggu

Libur
Libur
Libur

Senin

07.30 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB

Selasa

07.30 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB

Rabu

07.30 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB

Kamis
07.30 WIB
12.00 WIB
16.00 WIB

Jum’at

07.30 WIB
11.30 WIB
16.30 WIB

Sabtu

Libur
Libur
Libur

Tabel 2.1 Jadwal jam Kerja






1.    SEJARAH BADAN PUSAT STATISTIK
MasaPemerintahanHindia-Belanda
DidirikanpadabulanFebruari 1920 olehDirekturPertanian, Kerajinan, danPerdagangan (Directeur van LandbouwNijveirhed en Handel) di Bogor yang bertugasmengolahdanmempublikasikan data statistik. Padatanggal 24 September 1924, pusatkegiatanstatistikdipindahkandari Bogor ke Jakarta dengannama Central KantoorVoor de Statistiek (CKS) atau Kantor PusatStatistik. KegiatannyapadawaktuitudiutamakanuntukmendukungkebijakanPemerintahHindiaBelanda.Produkperundang-undanganKantor PusatStatistikadalahVolkstellingOrdonnantie1930 (Staatsblad 1930 Nomor 128) yang mengatursensuspendudukdanStatistiekOrdonnantie 1934 ( StaatsbladNomor 508) tentangkegiatanperstatistikan. Padatahun 1930, lembaga CKS melaksanakansuatukegiatan monumental, yaituSensusPenduduk yang pertamadilakukan di Indonesia.
MasaPemerintahanJepang                                                       
Tahun 1942-1945, CKS beralihkepemerintahanmiliterJepang, dankegiatannyadiarahkanuntukmemenuhikebutuhanperang (data militer).Nama CKS diubahmenjadiShomubuChosasitsuGunseikanbudanbernaung di bawahGubernurMiliter (Gunseikanbu).
MasaPemerintahan RI 1945 – 1965
Sejak proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, ShomubuChosasitsuGunseikanbudiubahmenjadi Kantor PenyelidikanPerangkaanUmum (KAPPURI), dipimpinolehMr.AbdulKarimPringgodigdo.Padaawal 1946, KAPPURI pindahmengikutipindahnyapusatpemerintahan RI ke Yogyakarta.Saatitu KAPPURI dipimpinolehSemaun.Dilainpihak di Jakarta CSK diaktifkankembaliolehPemerintah Federal (Belanda).BerdasarsuratedaranKementrianKemakmuranNomor 219/SC, tanggal 12 Juni 1950, ShomubuChosasitsuGunseikanbudan KAPPURI dileburmenjadi Kantor PusatStatistik (KPS) danberada di bawahnaunganKementrianKemakmuran.
Padatanggal 1 Maret 1952, MenteriPerekonomianmengeluarkanKeputusanNomor P/44 yang menyatakan KPS berada di bawahdanbertanggungjawabpadaMenteriPerekonomian.BerdasarkanKeputusanMenteriPerekonomianNomor 18.099/M Tanggal 24 Desember 1953, kegiatan KPS dibagimenjadi 2 bagianyaituAfdeling A merupakanBagianRisetdanAfdeling B merupakanBagianPenyelenggarandan Tata Usaha.
Padatanggal 1 Juni 1957, denganSuratKeputusanPresiden RI No.172/1957, KPS diubahmenjadi Biro PusatStatistik (BPS) danbertanggungjawablangsungdibawahPerdanaMenteri.Padatanggal 24 September 1960, UU Nomor 6 Tahun 1960 tentangSensusdiundangkanmenggantikanVolkstellingOrdonnantie 1930 (Staatsblad 1930 Nomor 128).Padatanggal 26 September 1960, UU Nomor 7 Tahun 1960 tentangStatistikdiundangkanmenggantikanStatistiekOrdonnantie 1934 (StaatsbladNomor 508). BerdasarkanKeputusanPerdanaMenteriNomor 26/P.M/1958 tanggal 16 Januari 1958, BPS diberitugasmelakukanpekerjaanpersiapanSensusPenduduk.SesuaidenganPasal 2 UU Nomor 6 Tahun 1960, padatahun 1961  BPS menyelenggarakaSensusPendudukpertamasejakmasakemerdekaan. Di tiapkantorGubernur (Propinsi), Kab/Kota danKecamatandibentukbagian yang menguruspelaksanaanSensusPenduduk.

MasaPemerintahan RI 1966 – Sekarang
BerdasarkanKeputusan Presidium KabinetNo.Aa/C/9 Tahun 1965 tanggal 19 Februari 1965 dinyatakanbahwaBagianSensus di Kantor GubernurdanKabupaten/Kota ditetapkanmenjadi Kantor Cabang BPS dengannama Kantor StatistikdanSensus Daerah.
PadamasapemerintahanOrdeBaru, PemerintahmenetapkantigabuahPeraturanPemerintahtentangSensuyaitu PP nomor 21 Tahun 1979 tentangPelaksanaanSensusPendudukpadatanggal 2 Juli 1979. PP Nomor 2Tahun 1983 tentangSensusPertanianpadatanggal 21 Januari 1983 dan PP Nomor 29 Tahun 1985 tentangSensusEkonomipadatanggal 10 Juni 1985. Padatanggal 29 Mei 1968, ditetapkanPeraturanPemerintah No.16 Tahun 1968 yang mengaturOrganisasidan Tata Kerja BPS (di pusatdan di daerah).Padatanggal 20 Februari 1980, ditetapkan PP No. 6 Tahun 1980 tentangOrganisasi BPS sebagaipengganti PP No.16/1968. Berdasarkan PP Nomor 6/1980 di tiappropinsiterdapatperwakilan BPS dengannama Kantor StatistikPropinsi, dan di tiapKab/Kota terdapatperwakilan yang bernama Kantor StatistikKab/Kota.
Padatanggal 9 Januari 1992, ditetapkan PP No.2 Tahun 1992 tentangOrganisasi BPS sebagaipengganti PP No. 6 Tahun 1980. Kedudukan, fungsi, tugas, susunanorganisas, dan Tata Kerja BPS yang selanjutnyadiaturdenganKeputusanPresidenNomor 6 Tahun 1992.Padatanggal 26 September 1997 dengan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentangStatistik, Biro PusatStatistikdiubahnamanyamenjadi “BadanPusatStatistik”, dansekaligusmenetapkantanggaltersebutsebagai ” HariStatistik”.
Tahun 1998, ditetapkanKeppres No.86 Tahun 1998 tentangBadanPusatStatistik.BerdasarkanKepPrestersebut, perwakilan BPS di daerahadalahinstansivertikaldengannama BPS Provinsi, BPS Kabupatendan BPS Kotamadya. PAdatanggal 26 Mei 1999, ditetapkan PP Nomor 51 tahun 1999 tentangPenyelenggaraanStatistik.
Memasuki era Otonomidaerah, ditetapkanKeppres No.166 Tahun 2000 tentangKedudukan, Fungsi, Tugas,Kewenangan, SusunanOrganisasidan Tata KerjaLembagaPemerintahan Non Departemen (LPND) dan BPS masuksebagai LPND.







1.    Visi dan Misi Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
a)        Visi Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang mempunyai Visi yakni “ Pelopor data statistikterpercayauntuksemua.”
b)    Misi Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
1.      Memperkuat landasan konstitusional dan operasional lembaga statistik untuk penyelenggaraan statistik yang efektif dan efisien.
2.      Menciptakan insan statistik yang kompeten dan profesional, didukung pemanfaatan teknologi informasi mutakhir untuk kemajuan perstatistikan Indonesia.
3.      Meningkatkan penerapan standar klasifikasi, konsep, definisi, pengukuran, dan kode etik statistik yang bersifat universal dalam setiap penyelenggaraan statistik.
4.      Meningkatkan kualitas pelayanan informasi statistik bagi semua pihak.
5.      Meningkatkan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi kegiatan statistik yang diselenggarakan pemerintah dan swasta, dalam kerangka Sistem Statistik Nasional (SSN) yang efektif dan efisien.


2.      Sarana Prasarana
2.1                        Sarana
2.1.1    Computer
2.1.2    Printer
2.1.3    Kursi
2.1.4    Meja
2.1.5    Lemari sebagai tempat penyimpanan berkas dan buku
2.1.6    Perlengkapan alat tulis yang di siapkan oleh instansi masing-masing
2.2                        Prasarana
2.2.1    Gedung Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang
2.2.2    Ruang Penerima Tamu
2.2.3    Ruang Kepala
2.2.4    Ruang IPDS
2.2.5    Ruang Tata Usaha (TU)
2.2.6    Ruang Aula
2.2.7    Ruang Karyawan
2.2.8    Perpustakaan
2.2.9    Musholla
2.2.10    Gudang
2.2.11    Dapur
2.2.12    Area Parkir


B.     Kegiatan yang dilakukan
Selama melaksanakan Prakerin kegiatan yang dilakukan di tempat prakerin meliputi kegiatan yang berkaitan dengan Administrasi Perkantoran, seperti
1.      Mengentri Susenas
Mengentri susenas adalah memasukkan data kedalam komputer untuk di edit kembali oleh petugas yang ada di kantor. Susenas di entri berdasarkan data yang telah ada. Data susenas di peroleh dari warga yang telah di sensus berdasarkan peraturan sensus ekonomi 2016 warga yang di sensus adalah warga yang memiliki hasil panen atau hasil usaha lainnya. Selain itu susenas merupakan data kebutuhan ekonomi yang di butuhkan oleh narasumber.
2.      Pengolahan Data SPH
Data SPH adalah data-data hasil tanaman pangan seperti ubi-ubian, kacang-kacagan, tanaman hias, tanaman obat-obatan dan hasil tanaman lainnya yang di hasilkan oleh setiap kecamatan yang ada di kabupaten malang yang terdiri dari 33 kecamatan
3.      Pengarsipan Data-data
Data yang di asip berdasarkan tiap kecamatan. Data yang di arsip merupakan data pemutakiran yang telah di sesuaikan. Hasil arsip di simpan di lemari arsip yang telah di sediakan oleh kantor. Selain data pemutakiran ada juga data-data hotel, penginapan, losmen dan lain-lain
4.      Melengkapi Data Triwulanan
Data triwulan adalah data per/tiga bulan sebuah kecamatan dari data tersebut kita dapat mengetahui hasil kesimpulan dari ubinan tiap tiga bulannya
5.      Pengecekan Hard Ware dan Soft Ware
Pengecekan dilakukan pada Tablet dan GPS yang di miliki oleh kantor Badan Pusat Statistik Kab Malang
6.      Pelengkapan Surat Pengawasan SE 2016
Surat di lengkapi dengan nama pembuat surat dengan isian nama dan no induk pegawai (NIP).
7.      Entri MOIBS
MOIBS adalah data perusahan atau gudang-gudang yang ada di kabupaten malang. MOIBS di entri menggunakan komputer yang telah disediakan oleh kantor dengan begitu akan memudahkan pengentri memasukkan data .
8.      Membuat dan Mengentri Kartu Kendali
Dalam pembuatan kartu kendali (OC) sudah di siapkan kertas untuk mengisikan data seseorang ke dalam kertas tersebut kemudian memasukkan/mengentri kartu kendali (OC) tersebut ke dalam komputer yang sudah ada aplikasinya sendiri.




C.     Faktor pendukung dan Penghambat
a)      Faktor Pendukung
1)      Tersedianya fasilitas komputer yang dapat dihubungkan dengan fasilitas internet, sehingga dapat membantu dalam proses pelaksanaan pekerjaan.
b)      Faktor Penghambat
1)      Kurangnya fasilitas komputer jadi waktu melakukan tugas prakerin harus bergantian dengan karyawan yang ada dikantor.
D.    Masalah dan Solusi
1.      Masalah
1)      Adanya perintah yang kurang jelas
2)      Pekerjaan yang dilakukan belum selesai sudah di tambah dengan pekerjaan lain
3)      Terkadang tidak ada pekerjaan sama sekali
2.      Solusi
1)      Seharusnya dalam menjelaskan lebih baik tidak terburu-buru dan lebih di perjelas lagi
E.     Prestasi yang diperoleh
Prestasi yang penulis peroleh adalah:
-          Penulis lebih mengharagai waktu dan lebih menerapkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan yang tinggi.
-          Penulis yang awalnya tidak begitu menguasai komputer, sekarang jadi lebih menguasai.

BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada yang telah mengizinkan siswa dari Smk Cendika Bangsa untuk melaksanakan  proses  pendidikan  dan  pelatihan  tenaga  kerja  yang  berkualitas  dan  profesional  serta  mendapatkan  pengalaman  dalam  dunia  kerja.
Dari  pengalaman  yang  didapat  oleh  penulis  di  Badan Pusat Statistik , penulis mampu memahami dan menyerap ilmu-ilmu pengetahuan serta wawasan yang didapat selama prakerin di Badan Pusat Statistik. Dimana ilmu pengetahuan dan wawasan yang belum pernah diperoleh selama duduk dibangku sekolah.
B.     Saran
Penulis  memberi saran kepada generasi cendika berikutnya untuk benar-benar mampu terjun di dunia usaha atau dunia industri. Para cendika harus siap menerima resiko apapun yang didapat di tempat prakerin.oleh karenya para cendika harus mampu menjaga sikap (attitude) dan perhatian (attetion).
Hal ini berdasarkan pada pengalaman yang pernah didapat oleh penulis dan penulis sangat mengharapkan siswa-siswi Smk Cendika Bangsa mampu menjadi generasi cendika yang berkualitas dan profesional.
Demikian isi ringkas dari kesimpulan dan saran yang mampu penulis cantumkan pada halaman ini. Saya Nila Amelia Putri selaku penulis laporan hasilprakerin ini meminta maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan kata dan bahasa.
Lampiran I Daftar Harian
URAIAN KEGIATAN SEHARI-HARI
NAMA INSTANSI                : BADAN PUSAT STATISTIK
BIDANG PEKERJAAN       : ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN AJARAN                 : 2016/2017
1.
Senin,22Agustus 2016
07.30-16.00
1. entry SIMSPH SBS
2. Sinkronisasi RKSPH SBS
3. merekap SUB-S Ubinan
2.
Selasa,23 Agustus 2016
07.30-16.00
1.Membuat kartu kendali SE 2016
2. Entry data Kartu kendali SE 2016
3.
Rabu,24 Agustus 2016
07.30-16.00
1.Entry sipmen SE 2016
2. Cek software dan Hardware tablet dan Gps
4.
Kamis,25Agustus 2016
07.30-16.00
1.Entri MOIBS
2.Entry data kartu kendali
5.
Jumat, 26 Agustus2016
07.30-16.00
1.Entri sakernas SE2016
2.Membuat surat pengawasan SE 2016
6.
Senin, 29 Agustus 2016
07.30-16.00
1.Pengisian lembar editor SE 2016
2. entri OC SE 2016
7.
Selasa, 30 agustus 2016
07.30-16.00
1.entri update wisnus
2. ketik notulen rapat
8.
Rabu, 31 Agustus 2016
07.30-16.00
1.Entri MOIBS
2.Entri OC SE 2016
9.
Kamis,1september 2016
07.30-16.00
1. sinkronisasi RKSPH SBS
10.
Jumat,2September 2016
07.30-16.00
1. merekap SUB-S Ubinan
11.
Senin,3September 2016
07.30-16.00
1. melengkapi data survei lembaga hotel
12.
Selasa,6September 2016
07.30-16.00
Tidak Ada Pekerjaan
13.
Rabu,7 September 2016
07.30-16.00
1. melengkapi data survei lembaga hotel
14.
Kamis,8 september 2016
07.30-16.00
1.Entri IBS
2.Entri MOIBS
3.Entri data SPH
15.
Jumat,9 September 2016
07.30-16.00
1.Entri susnas
16.
Senin , 12 september 2016
-
LIBUR IDUL ADHA
17.
Selasa , 13 September 2016
07.30-16.00
1. Entri susenas
2 Entri MOIBS
18.
Rabu, 14 September 2016
07.30-16.00
1. Entri susenas
2. Entri data SPH
19.
Kamis, 15 September 2016
-
RADAR MALANG
20.
Jumat, 16 September 2016
07.30-16.00
1. Mengarsip peta-peta kecamatan
21.
Senin, 19 September 2016
07.30-16.00
1. Mengarsip data surat pengawsan SE 2016
22.
Selasa, 20 September 2016
07.30-16.00
1.Mengedit /merekap buku hasil tanaman kab. Malang dalam angka tahun 2016
23.
Rabu, 21 September 2016
07.30-16.00
1.melanjutkan Mengedit /merekap buku hasil tanaman kab. Malang dalam angka tahun 2016
24.
Kamis, 22 September 2016
07.30-16.00
Tidak  Ada yang dikerjakan
25.
Jumat, 23 September 2016
07.30-16.00
1. Senam pagi
2.Menggunting daftar gaji pegawai
3.Melengkpi DATA VISUM KOPERASI
26.
Senin, 26 September 2016
07.30-16.00
1.Tidak Ada Pekerjaan
27.
Selasa, 27 September 2016
07.30-16.00
1. Upacara peringatan hari BPS
2. Entri susenas
28.
Rabu, 28 September 2016
07.30-16.00
1. Entri data visum koperasi
2. Entri data SPH
29.
Kamis, 29 September 2016
07.30-16.00
1. melengkapi data hotel, penginapan, losmen
30.
Jumat, 30 September
07.30-16.00
1. Upacara peringatan G30SPKI
31.
Senin,3 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Membuat surat pengawasan SE 2016
32.
Selasa, 4 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Entri data SPH
33.
Rabu, 5 Oktober 2016

07.30-16.00
1. Entri wisnus (wisatawan nusantara)
34.
Kamis, 6 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Tidak ada pekerjaan
35.
Jumat, 7 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Senam pagi
2. Mengisi surat masuk
36.
Senin, 8 Oktober 2016
07.30-16.00
1.Membuat surat pengawasan
37.
Selasa, 11 Oktober 2016
08.00-16.00
1.     Entry SIMSPH-SPH
38.
Rabu, 12 Oktober 2016
08.00-16.00
1. membuat surat pengawasan
39.
Kamis, 13 Oktober 2016
-
SAKIT
40.
Jumat, 14 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Pengarsipan dokumen WISNUS
2. Entri WISNUS
41.
Senin, 17 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Pengarsipan data-data hotel (kec.kepanjen)
42.
Selasa, 18 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Tidak ada yang di kerjakan
43.
Rabu, 19 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Tidak ada yang di kerjakan
44.
Kamis, 20 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Entri data SPH-SBS
45.
Jumat, 21 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Senam pagi
2. Melengkapi dokumen yang akan di gunakan untuk rapat
46.
Senin, 24 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Entri susenas
2.Entri wisnus
47.
Selasa,25 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Pengolahan data SPH
48.
Rabu, 26 Oktober 2016
07.30-16.00
1. Entri data MOIBS
49.
Kamis, 27 oktober 2016
07.30-16.00
1. Entri data triwulanan
50.
Jumat, 28Oktober 2016
07.30-16.00
1. Mengetik Notulen rapat
51.
Senin, 31 Oktober 2016
-
SAKIT
52.
Selasa, 1 November 2016
-
SAKIT
53.
Rabu, 2 November 2016
-
SAKIT
54.
Kamis, 3 November 2016
-
SAKIT
55.
Jumat, 4 November 2016
-
SAKIT
56.
Senin, 7 November 2016
07.30-16.00
1. Entri data SPH
2. Entri susenas
57.
Selasa, 8 November 2016
07.30-16.00
1. Tidak ada yang di kerjakan
58.
Rabu, 9 November 2016
07.30-16.00
1. Searc web BPS
59.
Kamis, 10 November 2016
07.30-16.00
1.Entri data SPH
60.
Jumat, 11 November 2016
-
IZIN



Lampiran II Daftar Gambar
Foto bersama bu Mey selaku Guru pembimbing


 








Foto Pada Saat menulis Kartu Kendali (OC)






Lampiran III StrukturOrganisasi

0 comments:

Post a Comment